Code CBox milik sampeyan
Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini

Minggu, 18 November 2012

Bagian-Bagian CPU Dan Fungsinya


1. Motherboard 
Tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasisatu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung olehmotherboard tersebut.


2. Prosesor
Otak sebuah komputer yang bertugas memproses perintah dan logika yang diberikan olehoperator komputer, banyaknya jenis processor yang ada sebanding dengan software yang berkembang dipasaran kerena dituntut untuk dapat melakukan banyak perkerjaan salam satuwaktu terkadang pemilihan processor yang kita gunakan harus tepat, karena jika sampai salah pilih akan berimbas pada lambatnya proses kerja sebuah komputer yang pasti berimbas langusng pada pekerjaan pengguna komputer.

3. RAM
Berfungsi menampung data yang telah terproses oleh processor sebelum di alirkan kebagian- bagian yang membutuhkan, banayknya pengembangan yang dilakukan pada bagian ini membuatkita lebih mudah dalam pemilihan ram yang cocok untuk pekerjaan kita, apalagi sekarang hampir semua merk menerapkan sistem garansi lifetime pada ram.4 .Chipsetmengatur komunikasi antarakomponen. Chipset dibagi menjadi dua bagian. Chip pertama disebut ³Nort Bridge´ yang dapatmengatur komunikasi antara AGP, RAM, Processor, dan ³South Bridge´ pada chipset. Dan bagian chip yang kedua adalah ³South Bridge´ yang dapat mengatur semua inputan dan output pada komputer, termasuk PCI dan ISA bus. Processor, Memori (RAM), Cache, dan Chipset bekerja bersama untuk mengaktifkan fungsi komputer.

4. Video card VGA
Mengolah gambar sebelum ditampilkan ke monitor, banyaknya kebutuhan pengolahan gambar  bagi gamers atau designer yang mengharuskan merogoh kantong yang agak dalam, beruntungsekarang bagi pengguna komputer kantor video grafis sudah terintegrasi dalam motherboardsehingga lebih menghemat pengeluaran.

5. Sound card
Fungsi kartu suara sebagai prosesor audio untuk komputer Anda. Analog atau sinyal digital yangmasuk ke dalam input kartu dan digital diinterpretasikan sebagai algoritma yang pada gilirannyaditafsirkan sebagai bentuk gelombang dan menghasilkan sinyal sonik dalam output dari kartusuara komputer. Kartu suara adalah perangkat yang dipasang berjalan pada sistem komputer Anda, dengan sifat keras diprogram dan driver perangkat terpisah. Kartu suara mengontrolsemua audio pada komputer.

6. Hardisk
Sebagai penyimpanan data pada komputer, kapasitas yang benar tentu saja berpengaruh terhadap jumlah data yang dapat kita simpan, ditambah lagi buffer yang besar akan membantu kecepatantransfer baik antar hardisk ataupun untuk proses suatu program. Fungsi lain dari hardisk untuk  penyimapanan data yang bersifat mobile dengan sedikit penambahan casing pada hardisk laptop.

7. Power supply
Mengubah jenis daya listrik yang tersedia di stopkontak, 120 volt, 60 Hz, menjadi arus komputer dapat digunakan, +5 dan +12 volt DC saat ini. Biasanya komponen elektronik digital dan sirkuitdi komputer, seperti motherboard, kartu adaptor, dan papan disk drive logika, gunakan +5 volt power, dan kipas dan motor disk drive menggunakan daya +12 volt. Untuk komputer untuk  berjalan dengan baik, pasokan dari kedua jenis arus harus diberikan setiap saat.

8. Baterai CMOS(disebut juga CMOS RAM atau hanya CMOS)
adalah sebuah baterai yang digunakan oleh BIOS untuktetap aktif meski tanpa aliran listrik. Salah satu kegunaannya untuk mengaktifkan dan menjalankanfungsi jam, serta menyimpan setting BIOS, dan umumnya memakai baterai kancing (Baterai bulatyang pipih, diameter dan ketebalannya bervariasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates