1Pendahuluan
Setelah membaca bab ini, anda diharapkan memperoleh gambaran singkat tentang
PowerPoint dan membuat Presentasi serta menyuntingnya.
2
Power Point dan Presentasi
Presentasi
merupakan kegiatan yang penting dalam mengkomunikasikan suatu gagasan kepada
orang lain dengan berbagai tujuan, misalnya untuk menarik audiensi agar mereka
membeli produk, menggunakan jasa atau untuk kepentingan lain.
Salah
satu alat peraga yang dapat digunakan untuk mendukung presentasi adalah
computer. Adapun salah satu perangkat lunak yang dapat dipakai adalah
PowerPoint yang merupakan bagian dari Microsoft Office. Dengan menggunakan
software ini seseorang dapat menuangkan ide-ide cemerlangnya dalam bentuk
visual yang menarik dalam waktu yang singkat.
2.1
Fitur-fitur Power Point
PowerPoint
menawarkan kemudahan-kemudahan dalam membuat bahan presentasi yang berbentuk
elektronis. Pada setiap halaman presentasi atau slide dapat disisipkan
komponen-komponen multimedia yang meliputi:
·
Teks
·
Gambar
dan Grafik
·
Foto
·
Suara
·
Film
PowerPoint
juga memungkinkan komunikasi dengan software lain, seperti Microsoft Word
atau Microsoft Excel. Seseorang bisa menyiapkan bahan presentasi melalui
Word lalu memolesnya melalui Power Point, bisa juga dengan Excel dan
menyisipkannya ke PowerPoint.
3
Menjalankan Power Point
Tekan
tombol start di pojok kiri bawah layar monitor. Pilih Program, kemudian klik
Microsoft Power Point, sehingga muncul gambar 9.1.
Penjelasan
Gambar:
1.
Window
sebelah kiri adalah nomor slide diawali dengan nomor1
2.
Window
yang tengah tempat kita menempatkan fitur-fitur Power Point beserta formatnya
(Bentuk, Background, animasi, Transisi dan sebagainya) yang disebut dengan
Slide
4
Menciptakan Presentasi
Setelah
anda menghadapi tampilan sebagaimana terlihat pada gambar 9.1. Anda bisa
langsung membuat presentasi. Slide pertama adalah slide dengan format layout
untuk Judul presentasi. Anda ketikkan langsung saja Judul dan Sub Judul pada
slide yang pertama. Misalnya kita akan buat slide tentang Pengenalan Internet
maka tampilan slide pertama seperti pada contoh Gambar 9.2.
Untuk
menambahkan slide baru, klik tombol New Slide maka akan muncul window Office
Theme yang berisi beberapa format layout slide yang dapat kita pilih. Lebih
jelasnya dapat dilihat pada Gambar 9.3 berikut ini.
Ada
empat jenis layout pada Office Theme yaitu:
·
Teks
Layouts, yang berisi Layout khusus untuk menampilkan teks saja, terdiri dari
Title Slide yaitu slide untuk judul/awal presentasi, Title Only hanya memuat
judul saja, Title and Teks memuat judul dan penjelasannya, Title and 2 colom
memuat judul dan pembahasan yang disajikan dalam bentuk 2 kolom.
·
Content
Layouts, yang berisi Gambar, bagan, diagram dengan lima bentuk yaitu: Blank
artinya kosong, Content berisi isinya saja, Title and Content untuk menampilkan
judul dan Isinya, Title and two Content untuk menmpilkan judul dan dua isi yang
disajikan dalam dua kolom, Title, Content and 2 Content sama dengan Title and
Content hanya Content kolom kedua dipecah lagi menjadi dua baris, Titel 2
Content and Content sama dengan sebelumnya hanya yang kiri yang dipecah dua,
Title and 4 Content sama dengan sebelumnya hanya kiri dan kanan masing-masing
dipecah dua.
·
Text
and Contents Layout
Yaitu gabungan antara teks dengan gambar, bagan atau diagram, anda dapat memilih salah satu model yang diinginkan.
Yaitu gabungan antara teks dengan gambar, bagan atau diagram, anda dapat memilih salah satu model yang diinginkan.
·
Other
Layout
Model Slide out yang lain, misalnya dengan clip art, media dan sebagainya. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.
Model Slide out yang lain, misalnya dengan clip art, media dan sebagainya. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.
Misalnya
kita akan memilih layout Title and Content, maka akan muncul tampilan seperti
pada Gambar 9.3 Dan kita bisa menambahkan tulisan presentasi pada slide kedua
misalnya seperti pada Gambar 9.3.
Sekarang
mari kita membuat slide ketiga dengan bentuk yang berbeda, misalnya bentuk
layout Title and 2 Content. Kemudian tambahkan tulisan pada slide ketiga
tersebut sebagai berikut.
1.
Pada
bagian Click to add title ketikkan:
Sumber Daya di Internet
Sumber Daya di Internet
2.
Lalu
klik pada judul Click to add text yang terletak sebelah kiri dan Tuliskan:
E-mail
Mailing list
Newsgroup
Web
Mailing list
Newsgroup
Web
3.
Klik
pada judul Click to add text yang terletak sebelah kanan.
4.
Tuliskan
Telnet
FTP
Gopher
Chat
Telnet
FTP
Gopher
Chat
Hasil
langkah di atas sebagai berikut:
4.1
Membuat Slide dengan gambar, clipart, tabel, grafik atau obyek lainnya
·
Klik
tombol Insert New Slide kemudian pilih layout Title and Two Content.
·
Pada
Title ketikkan “Arsitektur Internet”.
·
Pada
Content yang pertama ketikkan:
o Dapat menghubungkan
seluruh komputer di dunia
o Dapat berkomunikasi antar komputer
o Dapat berkomunikasi antar komputer
·
Pada
Content yang kedua, jika ingin menambahkan gambar dengan cara klik picture pada
content, kemudian akan muncul kotak dialog Insert Picture dan pilih file gambar
yang akan dimasukkan ke silde.
·
Jika
ingin menambahkan clipart, maka klik icon clipart pada slide di content 2
kemudian akan muncul kotak dialog Insert Clip Art sebagai berikut.
·
Jika
ingin menambahkan grafik maka akan muncul Kotak dialog grafik seperti pada
materi di Microsoft Excel.
5
Mengenal Tombol-Tombol Pengatur Pandangan.
Di
bagian kanan bawah terdapat tiga buah tombol yang berguna untuk mengatur
pandangan terhadap slide. Ketiga tombol tersebut diperlihatkan pada gambar
berikut:
5.1
Normal View
Pada keadaan normal, pandangan inilah yang ditampilkan. Pada pandangan ini, bidang yang berisi wujud slide lebih ditonjolkan daripada bidang-bidang lainnya. Gambar 9.4 ditampilkan dalam wujud Normal View.
Pada keadaan normal, pandangan inilah yang ditampilkan. Pada pandangan ini, bidang yang berisi wujud slide lebih ditonjolkan daripada bidang-bidang lainnya. Gambar 9.4 ditampilkan dalam wujud Normal View.
5.2
Slide Sorter View
Pada pandangan ini, semua slide akan ditampilkan dalam ukuran kecil dan disusun dalam format baris dan kolom.
Pada pandangan ini, semua slide akan ditampilkan dalam ukuran kecil dan disusun dalam format baris dan kolom.
Hal
ini sangat bermanfaat untuk melihat semua slide secara sepintas. Untuk menampilkan
salah satu slide, anda dapat mengklik ganda pada slide yang bersangkutan.
5.3
Slide Show View
Tombol ini berguna untuk menampilkan slide-slide yang telah dibentuk, dimulai dari slide pertama. Caranya:
Tombol ini berguna untuk menampilkan slide-slide yang telah dibentuk, dimulai dari slide pertama. Caranya:
1.
Aktifkan
slide pertama.
2.
Klik
tombol Slide Show View
Muncul
tampilan berikut:
Untuk
menampilkan slide berikutnya tekanlah tombol Page Down, jika slide sebelumnya
tekanlah tombol Page Up. Tombol Home dapat anda gunakan untk menuju slide
pertama dan End untuk menuju slide terakhir. Untuk mengakhiri presentasi
tekanlah tombol Esc. Anda juga bisa mengakhiri dengan cara klik kanan mouse
kemudian pilihlah End Show.
6.
Menukarkan Posisi Slide
Untuk menukar posisi slide, pilihlah Normal View. Sebagai contoh langkah berikut digunakan untuk memindahkan slide keempat menjadi slide ketiga.
Untuk menukar posisi slide, pilihlah Normal View. Sebagai contoh langkah berikut digunakan untuk memindahkan slide keempat menjadi slide ketiga.
1.
Klik
ikom kotak slide milik slide keempat, dan tahan. Langkah ini membuat slide
keempat diblok.
2.
Geser
mouse sehingga penunjuk mouse berada di atas ikon Slide milik slide ketiga.
3.
Lepaskan
penekanan terhadap tombol kiri mouse, hasilnya
7. Menghapus Slide
Penghapusan slide dapat dilakukan dengan berbagai cara. Contoh berikut menunjukkan cara penghapusan slide kelima.
1.
Klik
ikon slide milik slide kelima.
2.
Tekan
tombol Delete
Slide kelima akan terhapus dari Internet.ppt.
Slide kelima akan terhapus dari Internet.ppt.
8.
Menduplikasi Slide
Adakalanya kita perlu menduplikasi suatu slide. Misalnya anda ingin membuat dua buah slide yang tampilannya serupa, tetapi isinya berbeda. Untuk menduplikasi suatu slide lakukan langkah berikut misalnya mau menduplikasi slide keempat:
Adakalanya kita perlu menduplikasi suatu slide. Misalnya anda ingin membuat dua buah slide yang tampilannya serupa, tetapi isinya berbeda. Untuk menduplikasi suatu slide lakukan langkah berikut misalnya mau menduplikasi slide keempat:
1.
Klik
pada ikon slide milik slide keempat
2.
Pilih
menu Edit lalu klik Duplicate.
9. Menyisipkan Slide
Bila anda ingin menambahkan slide baru, tetapi bukan sebagai slide terakhir, anda dapat memilih slide yang terletak tepat sebelum slide baru disisipkan.
Contoh berikut akan menyisipkan slide baru yang akan diletakkan sebagai slide keempat.
1.
Klik
ikon slide milik slide ketiga.
2.
Klik
Insert New Slide
3.
Pilih
Layout Slide yang dinginkan
10
Menambahkan Latar Belakang Slide
Sejauh ini anda membuat slide dengan tampilan latar belakang yang polos. Pada bab ini anda akan mempelajari berbagai cara untuk membuat latar belakang sehingga presentasi menjadi lebih menarik.
Sejauh ini anda membuat slide dengan tampilan latar belakang yang polos. Pada bab ini anda akan mempelajari berbagai cara untuk membuat latar belakang sehingga presentasi menjadi lebih menarik.
10.1
Menggunakan Template
Pemberian latar belakang pada semua slide dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menerapkan template. Anda bisa memilih salah satu dari template yang disediakan oleh PowerPoint.
Ikuti langkah-langkah berikut:
Pemberian latar belakang pada semua slide dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menerapkan template. Anda bisa memilih salah satu dari template yang disediakan oleh PowerPoint.
Ikuti langkah-langkah berikut:
1.
Klik
menu Design, kemudian pada panel theme pilih salah satu design yang kita
inginkan. Untuk melihat pilihan design lainnya klik vertikal scrollbar sebelah
kanan pada panel theme. Berikut adalah tampilan panel theme.
2.
Pilihlah template yang anda kehendaki misalnya Oriel, maka hasilnya adalah
seperti pada Gambar 9.13 berikut ini.
10.2
Mengatur Skema Warna untuk semua Slide
Template background yang telah anda pilih bisa diganti warnanya dengan cara:
Template background yang telah anda pilih bisa diganti warnanya dengan cara:
1.
Klik Colors pada toolbar kiri atas kemudian pilih komposisi warna yang
diinginkan.
Lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 9.14 berikut ini.
Lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 9.14 berikut ini.
2.
Untuk merubah format text dapat juga menggunakan template font yang sudah
disediakan oleh Microsoft Power point. Caranya klik design kemudia klik tombol
Fonts pada bagian kanan atas. Lebih jelasnya seperti pada Gambar 9.15 berikut ini.
disediakan oleh Microsoft Power point. Caranya klik design kemudia klik tombol
Fonts pada bagian kanan atas. Lebih jelasnya seperti pada Gambar 9.15 berikut ini.
3.
Untuk merubah format text dapat juga menggunakan template font yang sudah
disediakan oleh Microsoft Power point. Caranya klik design kemudia klik tombol
Fonts pada bagian kanan atas. Lebih jelasnya seperti pada Gambar 9.15 berikut ini.
disediakan oleh Microsoft Power point. Caranya klik design kemudia klik tombol
Fonts pada bagian kanan atas. Lebih jelasnya seperti pada Gambar 9.15 berikut ini.
Jika anda ingin mendownloadnya klik Shely
0 komentar:
Posting Komentar